Prodi PGSD Unikama Tawarkan Proses Perkuliahan Menyenangkan

UNIKAMA – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memiliki Prodi (Program Studi) PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang notabene banyak sekali diminati oleh calon mahasiswa. Selain peluang yang masih sangat banyak di dunia pendidikan, proses perkuliahannya juga menyenangkan.

Dr. Cicilia Ika Rahayunita, M.Pd., selaku Kaprodi (Ketua Prodi) PGSD mengatakan bahwa di masa pandemi ini proses perkuliahan masih dilakukan secara Daring.

“Perkuliahan saat ini dilaksanakan secara Daring, dimana menggunakan berbagai macam platform dalam pelaksanaannya. Unikama memfasilitasi pembelajaran daring di PGSD menggunakan sistem SPADA (Sistem Pembelajaran Daring Indonesia) didalamnya terdapat RPS, materi Pembelajaran, form diskusi, form penugasan yang sudah di upload oleh dosen pada tiap mata kuliah, “ujarnya.

Selain penggunaan SPADA, Prodi PGSD juga menggunakan beberapa aplikasi pendukung untuk pembelajarannya secara sincronus seperti Google MeetZoom dan lain-lain. Proses perkuliahan pada umumnya dirancang sedemikian rupa agar tidak menyulitkan baik mahasiswa maupun Dosen serta diupayakan agar proses pembelajaran dapat tetap berjalan meskipun dalam kondisi pandemi yang terbatas dan tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung.

“Proses pembelajaran di PGSD sangat menyenangkan, tidak hanya berpacu pada MK (Mata Kuliah) umum tetapi juga terdapat mata kuliah penciri khusus PGSD Unikama antara lain MK seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari dan Drama, Prakarya). MK ini bertujuan sebagai bentuk ekspresi diri dan juga untuk menambah pengetahuan serta kreatifitas mahasiswa agar menjadi calon guru yang kreatif, luwes dan mempunyai pengetahuan dalam lingkup seni, ” tambahnya.

Prodi PGSD juga memiliki segudang prestasi baik dari mahasiswa dan juga Dosen diantaranya mendapatkan beberapa hibah diantaranya Pengelolaan PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang sudah masuk pada tahun ke4, PJJ (Pendidikan Jarak Jauh), MBKM (Merdeka Belajar kampus Merdeka) dan Kampus Mengajar.

Untuk kedepannya Prodi PGSD memiliki target tersendiri, yakni dengan meningkatkan layanan pada mahasiswa dengan lebih baik, mengimplementasikan program MBKM dalam perkuliahan, peningkatan keikutsertaan mahasiswa dalam ajang kompetisi tingkat Internasional, meningkatkan kerjasama baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri untuk pencapaian akreditasi unggul.

“Saya berharap untuk Unikama dan Prodi PGSD agar tetap melayani masyarakat dengan sepenuh hati sehingga capaian kepercayaan masyarakat kepada Unikama bisa tinggi dan berdampak pada jumlah mahasiswa semakin banyak, tentunya dengan prestasi yang juga tidak kalah pentingnya. Jika dapat dikatakan Unikama dan PGSD mengutamakan layanan untuk mencapai luaran yang unggul, ” tutupnya.

About the Author: Humas

WhatsApp chat